Popular Post

Posted by : Afid Brilliana Putra Senin, 22 Oktober 2012


Hai, sobat-sobat setia Insinyur Elektronika.
Kali ini Insinyur mau posting tentang salah satu tokoh yang membuat kita menjadi ter-inspirasi karena usaha dan kegigihannya dalam memajukan pendidikan, terutama dalam bidang sains dan matematika di Indonesia.

Bagi yang udah tau, Insinyur kasih 4 jempol deh.. Let's Check it out..


Profesor Yohanes Surya Ph.D, lahir di Jakarta pada tahun 1963 dan lulus dari jurusan Fisika Universitas Indonesia pada tahun 1986. Beliau lulus cum laude dan menerima gelar doktor di bidang fisika dari College of William and Mary, Virgina, USA (1994). Pada tahun 1993, Beliau membentuk Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) dan melatihnya hingga meraih prestasi di ajang Olimpiade Fisika Asia (APhO) dan Olimpiade Fisika Internasional (IPhO) setiap tahunnya.

Pengalaman melatih TOFI mendorong Prof. Yohanes Surya untuk mengembangkan metode pembelajaran yang "GAmpang aSyIk dan menyenaNGkan" (GASING) pada bidang matematika. Metode ini digemakan ke berbagai daerah di tanah air melalui guru-guru yang berperan langsung dalam kegiatan belajar-mengajar.

Tanpa dasar pengetahuan serta penguasaan matematika yang baik, sulit bagi generasi muda untuk tertarik apalagi berprestasi, dalam bidang sains dan teknologi. Menyadari hal tersebut, Prof. Yohanes Surya berupaya mengembangkan prototipe pembelajaran Matematika GASING. Pembelajaran ini diterapkan pada siswa/i SD dari belasan kabupaten di Papua. Beliau membuat pelajaran Matematika SD kelas 1 s.d. kelas 6 sanggup dikuasai oleh para pelajar dalam waktu enam bulan. Dengan keberhasilan yang sudah dicapai, metode ini mulai diperkenalkan pada pare pendidik di berbagai daerah tertinggal, sehingga kurangnya tenaga pendidik tidak perlu menjadi alasan bagi anak didik untuk tidak memperoleh pendidikan yang memadai.

Agar penyebaran metode Matematika GASING juga bisa mencakup anak-anak di seluruh tanah air, pada akhir tahun 2010 Prof. Yohanes Surya menggulirkan GIPIKA (Gerakan Ibu Pandai Matematika). Kemudahan metode ini membuat para ibu, yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan pendidikan anak-anaknya, bisa mempelajari dan mengajarkan langsung pada anak-anaknya. Metode ini kemudian disebarkan melalui pelatih yang dikirim ke berbagai daerah untuk melatih calon pengajar/guru yang bisa melatih para ibu di setiap daerah. Diharapkan dari metode ini siswa/i SD seluruh Nusantara akan menguasai matematika dengan GASING.

Prof. Yohanes Surya juga aktif menulis, baik buku pelajaran untuk tingkat SD s.d SMA, komik anak, serta puluhan artikel di berbagai media. Selain itu, agar pelajaran sains semakin diminati, beliau juga mengembangkan pembelajaran interaktif dalam bentuk CD multimedia, pembuatan video pembelajaran, serta alat eksperimen/peraga pembelajaran.

Selain sebagai Pendiri dan Ketua Dewan Pembina dari Surya Institute, saat ini Prof. Yohanes Surya sudah mendirikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya untuk mendidik calon guru sains dan matematika dengan menggunakan metode GASING. Beliau juga duduk sebagai Anggota Dewan International Physics Olympiad/IPhO (Olimpiade Fisika Internasional), Pendiri dan Dewan Pelindung Asian Physics Olympiad/APhO (Olimpiade Fisika Asia), Pendiri dan Dewan Pelindung Asian Science Enterprise Challenge (ASEC), Pendiri dan Presiden World Physics Olympiad (WoPhO), Vice President First Step to Nobel Prize di bidang Fisika, representatif Indonesia untuk International Conference of Young Scientist (ICYS), Anggota Dewan Asian Science Camp (ASC), dan berbagai jabatan lain di bidang pengembangan dan pembelajaran sains dan matematika.

Gimana? seru kan biografinya. Setelah membaca ulasan di atas, Insinyur saranin kepada sobat-sobat agar bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang-orang yang berada di sekitar sobat. Walaupun tidak seperti Prof. Yohanes Surya, tapi setidaknya itu lebih baik dibandingkan sobat hanya terdiam dan tidak melakukan apa-apa.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Eka Puspa Dewi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -